Minggu, 20 Mei 2012

Fasilitasi Pembentukan dan pelatihan Tim Reaksi Cepat dan Satuan Reaksi Cepat


Penyelenggaraan penanggulangan bencana di provinsi banten memerlukan kesiapsiagaan penanganan yang sistematis, terpadu dan terkoordinasi dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, risiko bencana. Salah satu upaya untuk meminimalisir korban bencana adalah dengan memobilisasi Tim Reaksi Cepat dan Satuan Reaksi Cepat melalui kegiatan pelatihan menghadapi bencana di lapangan.
TRC dan SRC merupakan penggerak awal kejadian bencana dan mendukung kegiatan operasional penanggulangan bencana meliputi bantuan manajemen, teknis, peralatan dan dukungan logistik, bertugas untuk membuka dan menganalisa berbagai situasi di daerah bencana serta untuk memperoleh informasi guna ditindaklanjuti oleh tim operasi seperti sar, relawan, maupun regu penyelamat dan regu assessment maupun dinas/instansi yang terkait dalam penanggulangan bencana.
TRC dan SRC juga bertugas melaksanakan kaji cepat dan dampak bencana pada saat tanggap darurat, memperlancar koordinasi dengan seluruh sektor terkait dalam penanggulangan bencana. Kajian dan pelaporan situasi darurat harus selalu dimutakhirkan tiap saat sesuai baik tiap jam, secara harian. Oleh karena itu, bpbd provinsi banten melalui bidang pencegahan dan kesiapsiagaan memandang perlunya peningkatan kemampuan anggota TRC dan SRC.
BPBD Provinsi Banten melalui Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan mengadakan Pembentukan dan Pelatihan TRC dan SRC yang dilaksanakan di Merak Beach pada tanggal 8 s.d 10 Mei 2012, dengan peserta sebanyak 60 orang.
Kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pelatihan kepada anggota TRC dan SRC dan bertujuan untuk menambah wawasan kepada anggota TRC dan SRC tentang Tugas Pokok dan Fungsinya, memberikan pelatihan kepada anggota TRC dan SRC agar lebih terampil, cepat, tepat dan terarah dalam melakukan tugasnya di lapangan. Pada kesempatan ini pula, peserta dibekali dengan materi-materi :
Materi Indoor
1.        Kepala Pelaksana BPBD Prov. Banten dengan Materi Peran dan Fungsi Trs Dan Src Pada Saat Tanggap Darurat;
2.        Kepala Stasiun Meteorologi Serang dengan Materi Sistem Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat di Wilayah Potensi Rawan Bencana;
3.        Badan Nasional Penanggulangan Bencana dengan Materi Manajemen Pelayanan TRC Dan SRC Pada Saat Tanggap Darurat;
4.        Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dengan Materi Tindakan Pertolongan Kesehatan Pada Saat Tanggap Darurat;
5.        Dansatbrimobda Banten dengan Materi Teknis Operasional Peralatan Untuk Penyelamatan Pada Saat Tanggap Darurat.
Materi Outdoor
Praktek Lapangan






Kepala Pelaksana BPBD Prov. Banten, Drs. Suyadi Wiraatmadja Saat memberikan Arahan




Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Drs. Achyar Dachtiar, MM saat menyampaikan sambutan dan penyematan peserta


kepala Seksi Kesiapsiagaan Rasta Saria, S.Sos, M.Si saat menyampaikan laporan kegiatan 



Narasumber dari BNPB, Stasiun Meteorologi Serang dan Dinas Kesehatan Prov. Banten saat memberikan paparan





Instuktur dari Brimobda Banten saat memberikan arahan kepada peserta pelatihan




peserta saat mempraktekan SAR Air dengan menggunakan Perahu 






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.