Selasa, 25 Desember 2012

GELADI BANJIR DI KECAMATAN SUKARESMI KABUPATEN PANDEGLANG

Provinsi Banten merupakan wilayah yang memiliki berbagai keunggulan di berbagai bidang, tetapi wilayahnya yang dilalui oleh Ring of Fire (Cincin Api) dan 2 lempeng (Lempeng Euroasia dan Indo Australia) menjadikan Provinsi Banten sebagai wilayah yang rawan terhadap terjadinya bencana, salah satu jenis bencana yang rawan terjadi di Provinsi Banten yaitu banjir. Berdasarkan prakiraan potensi banjir yang terjadi di wilayah provinsi banten terkait meningkatnya curah hujan yang dikeluarkan oleh BMKG, Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu wilayah yang akan mengalami intensitas curah hujan pada tingkat menengah, sehingga Kabupaten Pandeglang diperkirakan sebagai daerah yang rawan berpotensi terkena bencana banjir.
Oleh karena itulah BPBD Provinsi Banten sebagai leading sector dalam penanggulangan bencana yang memiliki Tugas Pokok dan Fungsi, baik pada pra, saat dan pasca bencana mengadakan kegiatan geladi menghadapi bencana banjir di Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang pada tanggal 27-28 November 2012. Kegiatan geladi menghadapi bencana banjir ini merupakan salah satu kegiatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana (pengurangan risiko bencana) yang lebih terfokus pada sebelum terjadi bencana dan merupakan rangkaian yang tidak terpisahkan dari kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya yaitu Rencana Kontinjensi pada tanggal 1-2 Oktober 2012 di Hotel Mahadria dan Geladi Posko (TTX) yang dilaksanakan pada 8-12 Oktober 2012 bertempat di Hotel Kharisma Beach and Resort. Acara ini diikuti oleh BPBD Kab. Pandeglang, Koramil, Polsek, Dishub Kab. Pandeglang, Aparatur Desa, TAGANA, ORARI, RAPI, PMI, Pramuka, Dinas/Instansi yang terkait dan ormas serta LSM yang berada disekitar wilayah Kecamatan Sukaresmi Kab. Pandeglang.
Pada kegiatan ini, Asda III Provinsi Banten Bapak H. Eutik Suarta, SH  yang mewakili Gubernur Banten menyampaikan sambutan dan membuka cara secara resmi, dalam sambutannya beliau menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan personil dalam penanggulangan bencana serta memberikan wawasan kepada masyarakat tentang upaya antisipasi yang dapat dilakukan dalam penanggulangan bencana,  beliau juga mengapresiasi BPBD Provinsi Banten yang telah mengadakan kegiatan ini.
Kegiatan geladi ini bertujuan untuk :
1.        Meningkatkan kemampuan sistem manaj. Bencana untuk menilai kemampuannya dalam melaksanakan tugas
2.        Menguji koordinasi antar petugas dan antar organisasi
3.        Dapat mengidentifikasi kemampuan dan kekurangan sumber daya termasuk personil
4.  Meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap upaya kesiapsiagaan yang harus dilakukan bila terjadi bencana
Dalam kegiatan ini skenario yang disusun bersama oleh BPBD Provinsi Banten dan Korem 064 Maulana Yusuf Banten disampaikan oleh Kasi Ops Korem 064 Maulana Yusuf Agustatius Sitepu, S.Sos, M.Si dan disampaikan pula bagaimana cara pertolongan darurat terhadap korban bencana yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dan PMI. Dengan diadakannya kegiatan geladi banjir ini diharapkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap kesiapsiagaan menghadapi bencana, meningkatnya kemampuan seluruh aparatur, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat dalam penanganan bencana serta semakin solidnya koordinasi antar lembaga/instansi terkait kebencanaan sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.